Peningkatan Kemampuan IKM di Indonesia melalui Program Pendampingan Ekspor

Ditjen Kerjasama Industri Internasional , Kementerian Perindustrian bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri Belanda melaksanakan program pendampingan ekspor ke negara – negara Uni Eropa bagi para pelaku industri kecil menengah di Indonesia , pada kesempatan kali ini akan diadakan open recruitment bagi perusahaan yang berada di regional Jawa Timur, Kalimantan Timur dan Kalimantan selatan . Bagi perusahaan di Asia (khususnya Indonesia) yang ingin memasarkan produk bahan makanan dan metal engineering mereka di Uni Eropa secara berkelanjutan (jangka panjang), CBI menawarkan bantuan melalui Program Export Coaching (ECP)  yang sangat praktis. Program ini dijalankan oleh konsultan independen yang memiliki pengetahuan yang  luas dan jaringan di seluruh Eropa untuk mendapatkan jaminan kualitas tinggi, dengan materi yang spesifik dan up-to-date. Sebagai peserta yang terpilih, UKM/KOPERASI akan mendapatkan dukungan secara individu melalui konsultasi langsung, berbagai pelatihan, informasi pasar, partisipasi dalam pameran dagang di luar negeri dan aktivitas antar perusahaan, tergantung pada kebutuhan spesifik yang dibutuhkan, serta dukungan di bidang pengembangan usaha, sertifikasi dan perbaikan produk.

Tujuan dari Program ini ?  Untuk membantu perusahaan dalam memperoleh kepastian dan posisi bisnis yang langgeng di pasar Uni Eropa untuk produk bahan makanan yang berkelanjutan dan engineering construction. Setiap perusahaan ataupun pabrikan yang memproduksi bahan makanan (food ingredient) dan metal engineering dapat mengikuti program ini.

Syarat Peserta :

– Perusahaan dengan modal paling sedikit 51% yang dimiliki secara lokal (bukan asing)
– Memiliki karyawan sebanyak 25-500 karyawan
– Tidak ada usaha patungan dengan perusahaan yang berbasis di negara dengan klasifikasi UMIC atau lebih tinggi
– Kepatuhan atau kemauan untuk mematuhi persyaratan pasar Uni Eropa
– Tidak ada komitmen lisensi yang melarang atau membatasi kemungkinan ekspor produk ke Uni Eropa
– Harga yang kompetitif dan kapasitas produksi yang memadai
– Manajemen yang mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris
– Kemauan dan kapasitas dalam berinvestasi untuk beradaptasi, misalnya, dalam berbagai penyesuaian produk dan proses produksi, jika dan seperti yang dipersyaratkan oleh pasar Uni Eropa.
FOOD INGREDIENTS = BAHAN PENYUSUN BAHAN MAKANAN
§Buah olahan : buah kering, pulp, puree, jus, konsentrat, selai
§Sayuran yang diawetkan : olahan, pasta, beku, kering
§Kacang-