Indonesia Berpeluang Jadi Basis Produksi Otomotif di ASEAN

Rabu, 17 Juni 2009 | 21:07 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Indonesia berpeluang menjadi basis produksi otomotif di kawasan ASEAN. Presiden Direktur Indomobil Group, Gunadi Sindhuwinata mengatakan sebenarnya Indonesia sudah siap untuk menjadi basis produksi otomotif.

Apalagi, iklim politik dan keamanan Indonesia lebih baik daripada Thailand, yang saat ini menjadi basis produksi otomotif di ASEAN. “Kita sudah bisa kok jadi basis produksi,” kata Gunadi di Departemen Perindustrian, Jakarta, Rabu (17/6).

industri mobil

image: www.gac-china.com


Menurut Gunadi, beberapa faktor pendukung Indonesia menjadi basis produksi otomotif adalah situasi iklim politik dan keamanan yang aman dan jumlah penduduk yang besar.

Agar investor otomotif tertarik, lanjut dia, pemerintah mesti membenahi iklim investasi agar lebih kondusif, insentif pajak dan kepastian hukum.

Direktur Jenderal Industri Otomotif dan Telematika Departemen Perindustrian, Budi Darmadi berpendapat senada. Pangsa pasar Indonesia besar dan iklim lebih aman.

Menteri Perindustrian Fahmi Idris mengatakan Indonesia mesti memperbanyak pembangunan pabrik suku cadang dan komponen. Sebab, itu bisa meningkatkan daya saing Indonesia di mata produsen mobil internasional.

“Kalau ada pabrik suku cadang dan komponen, prinsipal akan lebih tertarik bangun di Indonesia,” kata Fahmi.

Post Author: BDI

3 thoughts on “Indonesia Berpeluang Jadi Basis Produksi Otomotif di ASEAN

    Andriana

    (19 Juli 2010 - 03:07)

    bagus banget bro posting nya tentang hal ini….buat referensi saya…makasih ya..see u hehe

    Modifikasi Plus

    (21 Januari 2015 - 03:16)

    mari majukan dunia otomotif Indonesia 🙂

    krisna

    (30 Juli 2018 - 01:30)

    Indonesia semoga bisa membuat industri otomotif sendiri..

Tinggalkan Balasan