Diklat Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan Tingkat Dasar

Diklat Penyuluh Perindustrian Diklat Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan Tingkat Dasar

Pembinaan Sumber Daya Manusia ( SDM ) Aparatur baik tingkat pusat maupun daerah perlu terus dilaksanakan agar mampu menjadi alat yang efektif dan efisien dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Keberhasilan melaksanakan tugas dan fungsi Departemen Perindustrian sebagai pembina sektor industri perlu didukung oleh pegawai-pegawai yang profesional dan salah satunya adalah Pejabat fungsional Penyuluh Perindag. Salah satu upaya untuk meningkatl protesionalisme Pejabat Fungsional Penyuluh Perindag adalah melatui Diklat tenaga Fungsional Penyuluh Perindag Tingkat Dasar.

Diklat teknis fungsional tersebut mendasari pengembangan diklat-diklat teknis dan merupakan kompetensi dasar bagi Pejabat Fungsional PenyuIuh indag sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya sebagaimana tercantum dalam KEP. MENPAN No 129/KEP/M.PAN/12/2002 yaitu menumbuhkan, membina dan mengembangkan Industri dan Perdagangan. Untuk itu, diklat ini  perlu diikuti dan merupakan persyaratan bagi pegawai yang telah dan akan menduduki Jabatan Fungsional Penyuluh Perindag agar nantinya dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada dunia usaha.

Keberadaan Jabatan Fungsional Penyuluh Perindustrian maupun Perdagangan dalam lingkungan Departemen Perindustrian sangat dibutuhkan guna menyebarluaskan kebijakan Industri pada UKM. Dalam rangka pembinaan dan pengembangan sektor industri telah dipersiapkan tenaga-tenaga terampil yang mampu memberikan penyuluhan dibidang industridan perdagangan.

Sehubungan dengan hal tersebut maka tenaga-tenaga terampil tersebut dapat dikembangkan kariernya melalui Jabatan Fungsional Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan sehingga pada akhirnya nanti terdapat tenaga penyuluh dengan spesialisasi perindustrian dan perdagangan.

Diklat Diklat Teknis Pejabat Fungsional Penyuluh Perindag Tingkat Dasar  ini dilaksanakan untuk menyamakan bahasa dan pengertian tentang tugas dan peranan Penyuluh Perindag dalam melaksanakan penyuluhan industri sehingga menjadi penyuluh yang ber kepribadian dan memiliki keahlian serta pengetahuan sesuai dengan kebutuhan kelancaran pembinaan dan pengembangan indag. Lebih-tebih lagi dalam meng­hadapi liberalisasi perdagangan dalam APEC tahun 2010 untuk negara maju dan tahun 2020 untuk negara berkembang,maka perdagangan internasional akan menjadi sangat terbuka dan sebagai akibatnya persaingan akan menjadi tajam.

Diklat ini diberikan kepada Pejabat Fungsional Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan  dengan tujuan untuk menyamakan bahasa dan pengertian tentang tugas dan peranan Penyuluh Perindustrian dan Perdangan dalam melaksanakan penyuluhan indag yang berkepribadian dan mempunyai keahlian serta pengetahuan sesuai dengan kebutuhan kelancaran pembi­naan dan pengembangan industri.

Tujuan diselenggarakannya Diklat Teknis Pejabat Fungsional Penyuluh Perindag Tingkat Dasar  adalah peserta diharapkan mampu menerapkan ketrampilan menyuluh dengan mengacu pada rencana penyuluhan yang sistematis sehingga mampu mengajar dan melatih para pelaku usaha secara optimal.

14 tanggapan untuk “Diklat Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan Tingkat Dasar

  • 18 Juni 2010 pada 18:41
    Permalink

    jadwal diklat di bidang perdagangan

    Balas
  • 26 Oktober 2010 pada 13:16
    Permalink

    Bagaimana persyaratannya mengikuti diklat, jadwalnya kapan dan apakah undangan diklat fungsional bisa di sampaikan ke alamat kantor kami Dinas Koperindagtamben Kab. Bulukumba Sulsel

    Balas
    • 27 Januari 2011 pada 15:05
      Permalink

      Untuk Dinas Koperindagtamben Kab. Bulukumba Sulawesi Selatan berada pada wilayah kerja Balai Diklat Industri Regional VII Makassar, Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 17, Makassar, Telp. 0411 556617 Fax. 0411 556618

      Balas
  • 29 Oktober 2010 pada 11:31
    Permalink

    Kapan jadwal tahun 2011 dan apa persyaratannya.

    Balas
    • 26 November 2010 pada 09:37
      Permalink

      jadwal diklat tahun 2011 akan segera di upload begitu sudah fix, persyaratan diklat penyuluh tk. dasar harus PNS di dinas perindustrian/perdagangan daerah..

      Balas
  • 26 Januari 2011 pada 11:51
    Permalink

    BU EVI, SYARAT PENDIDIKAN DIKLAT PENYULUH TINGKAT DASAR APA? TRUS KALAU LULUS APA NANTI BISA DI PAKAI DASAR UNTUK PENGANGKATAN MENJADI PENYULUH.
    APA ADA PERATURANNYA TTG PENGANGKATAN PENYULUH?

    Balas
  • 13 Juni 2011 pada 05:45
    Permalink

    saya merupakan salh satu calon penyuluh ikm di kab. bulukumba… saya ikut program beasiswa TPL 2010 kementerian perindustrian.yang saya mau tanya ttg pengangkatan pns penyuluh dalam program beasiswa ini apakah besar kemungkinannya. terima kasih

    Balas
  • 25 September 2014 pada 04:51
    Permalink

    Selamat siang pak/buk mohon infonya untuk waktu pelaksanaan diklat penyuluh tingkat dasar

    Balas
  • 19 Januari 2015 pada 08:28
    Permalink

    mohon info jadwal diklat untuk tahun 2015, terima kasih

    Balas
    • 20 Januari 2015 pada 09:34
      Permalink

      jadwal sudah ada di menu agenda, silakan dicek 🙂

      Balas
  • 3 November 2015 pada 00:33
    Permalink

    mohon info jadwal diklat dasar penyuluh perindag tingkat ahli pada tahun 2016, kami penyuluh perindag dari Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, yang mana sampai pada saat ini belum pernah mengikuti diklat dasar penyuluh perindag… terima kasih

    Balas
  • 18 Februari 2016 pada 07:17
    Permalink

    as,saya cpns 2014 sk sya penyuluh perindag di kab.siak riau
    kapan jadwal diklat penyuluh perindag. karena teman seangkatan saya dipenera ada jadwalnya dari ppsdmk bndung kalau bdi riau dimana ya regionalnya. apakah sk penyuluh perindag harus teyap jadi penyuluh indag

    Balas
  • 27 April 2016 pada 03:28
    Permalink

    askum. saya cpns 2015 sk penyuluh perindag,kami belum pernah mengikuti diklat dasar untuk penyuluh perindag…, mohon informasi jadwal diklat dasar penyuluh perindag … terimakasih.

    Balas
    • 29 September 2018 pada 10:44
      Permalink

      Mba anna boleh minta alamat emailnya.?
      Saya berkeinginan untuk konsultasi dengan njenengan..
      Alamat email saya sbb.
      Sayaadalahria@gmail.com
      Terimakasih mba sebelumnya..

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *